Salam Gaspoll, Informasi Dunia Balap Indonesia Hanya Ada Disini...!!!

Senin, 14 Maret 2011

MotoGP - Rahasia RC212V




OtomotifZone.com - Hasil tes resmi beberapa waktu lalu di sirkuit Sepang, Malaysia, Honda benar-benar mengejutkan. Pasalnya Casey Stoner yang merupakan ujung tombak baru Repsol Honda Team memecahkan angka keramat di sirkuit Sepang 2 menit. Benar, Crasher julukan Stoner membukukan waktu 1 menit 59,665 detik. Sangat Fantastis!

Namun bukan hanya soal Stoner yang membuat Honda begitu perkasa. Termasuk 4 pembalapnya yang bertengger di posisi teratas. Bahkan seorang Marco Simoncelli pun mampu bersaing dengan tim Yamaha seperti Jorge Lorenzo dan Ben Spies.

Lantas apa yang membuat hal itu terjadi? Benar, RC212V 2011 berbeda. “Power deliverynya legih lembut. Motor mudah dikendalikan” jelas Stoner.

Namun ada hal yang lebih penting lagi soal powerfullnya mesin RC212V, yaitu soal kopling. “Kami menggunakan teknologi baru pada transmisi” jelas Shuhei Nakamoto, HRC vice president.

Awalnya soal transmisi ini menjadi perdebatan panjang. Sebab disinyalir HRC menggunakan perangkat illegal, yaitu DCT (Dual Clutch Technology). Dan itu ada dalam regulation 2.4.2. Sistem dual clutch ini biasa digunakan pada mobil balap IndyCar dan hal ini ‘diharamkan’ di MotoGP. “HRC tidak menggunakan perangkat illegal, semuanya sesuai aturan” kata Shuhei.

Jadi cara kerja kopling ini memisahkan proses kerja kopling. Gigi ganjil, 1, 3 dan 5 memakai kampas kopling sendiri, sedangkan transmisi 2, 4 dan 6 menggunakan kampas yang lain. “Tidak bukan itu. Saya sendiri pun tidak mengetahui cara kerjanya. Yang pasti bukan DCT” imbuhnya.

Hmmmm… Lantas komponen apa yang digunakan? HRC menyebut teknologi ini dengan nama IGS (Instantaneous Gearchange System). Sistem ini mempercepat proses perpindahan gigi, selain sistem IGS membuat power mesin tidak drop terlalu jauh ketika perpindahan transmisi terjadi.

Kalau hasil tes resmi membuat Honda selalu di posisi teratas, dipastikan musim 2011 bakal menjadi milik penunggang RC212V. wowww,… tunggu tanggal mainya… (penulis/foto : uung/motogp.com)

1 komentar:

fidya mengatakan...

ya moga aja honda selalu terbaik,
bagaimanapun tempat berada,
saya dukung honda

Posting Komentar

Gaspoll Komentarmu...!!!

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India