Salam Gaspoll, Informasi Dunia Balap Indonesia Hanya Ada Disini...!!!

Minggu, 02 Oktober 2011

IMI Kirim Dua Pembalap Ke Red Bull Rookies Cup



OtomotifZone.com - PENGURUS Pusat Ikatan Motor Indonesia (PP IMI) akan mengirim dua pembalap muda, Eko Prasetianto dan Imanuel Wiranata, mengikuti Red Bull MotoGP Selection di Sirkuit Motorland Aragon, Spanyol, 10-12 Oktober. Jika lolos, keduanya akan tampil di ajang Red Bull MotoGP Rookies Cup Championship 2012.

Pengiriman Imanuel dan Pras  ini merupakan program PP IMI untuk mewujudkan ambisi menempatkan pembalap Indonesia di pentas MotoGP. "Ini merupakan jalan paling tepat, realistis, dan murah menuju jenjang MotoGP lantaran tak dipungut biaya. Jika lolos, Pras dan Imanuel tampil di 14 seri Red Bull MotoGP Rookies Championship," ujar Irawan Sucahyono, Ketua Bidang Olahraga PP IMI, saat konferensi pers di Jakarta, Jumat (30/9).

Tapi, bukan berarti pembalap akan dengan mudah lolos dari seleksi ini. "Persaingannya sangat ketat. Dari Asia, baru pembalap Jepang dan Malaysia yang bisa lolos. Sementara Indonesia sendiri sudah pernah mengirimkan dua pembalapnya, yaitu H Yudhistira pada 2009 dan Adrian pada 2010, tapi mereka gagal," ungkap Irawan.

Red Bull MotoGP Rookies Cup Championship adalah suporting race MotoGP. Itu sebabnya, 14 seri balapannya pun di gelar di delapan sirkuit Eropa yang menggelar MotoGP, yaitu Jerez (Spanyol), Estoril (Portugal), Silverstone (Inggris), Assen (Belanda), Mugello (Italia), Sachsenring (Jerman), Brno (Rep. Ceko), dan Misano (San Marino).

Red Bull MotoGP Selection merupakan ajang satu merek motor, KTM RC125, dengan usia maksimal 15 tahun. Dan, setiap negara hanya diperbolehkan mengirimkan maksimal dua pembalap. Tahun ini, ajang tersebut memasuki tahun kelima.

Menurut Ketua Biro Olahraga PP IMI, Dyan Dilato, hingga Jumat (30/9) sudah  48 peserta , dari 50 peserta,  terdaftar mengikuti Red Bull MotoGP Selection. Dari hasil seleksi ini akan diambil 10 sampai 15 pembalap. Dan mereka nantinya akan bersaing di ajang Red Bull MotoGP Rookies Cup dengan jumlah starter 25.

Menurut  Ketua  Umum PP IMI, Juliari P Batubara menilai, Red Bull MotoGP Selection yang bakal diikuti Eko Prastianto dan Imanuel Wiranata di Sirkuit Motorland Aragon, Spanyol, 10-12 Oktober, merupakan event berbeda. Pasalnya, keikutsertaan dua pembalap muda Indonesia itu tanpa biaya.

"Semuanya disediakan pihak penyelenggara, mulai dari motor, baju balap, dan sebagainya. Pokoknya, pembalap tinggal bawa badan dan ikut balap," ungkap Ari, panggilan Juliari.

Agar Pras dan Imanuel bisa lolos seleksi, menurut Ari, mental jadi kunci. Maklum, mental pembalap Indonesia biasanya langsung down begitu melihat pembalap-pembalap bule di sekitarnya. "Itu sebabnya, saya berharap, Pras dan Imanuel jangan mau kalah bila bersaing dengan pembalap-pembalap Eropa. Jangan minder dan tumbuhkan rasa penasaran untuk mengalahkan mereka," imbuh Ari kepada Pras yang didampingi ayahnya, Sugianto.

Kalau sudah begitu, lanjut Ari, Pras dan Imanuel bisa tampil lepas dan menjalani persaingan di lintasan dengan 48 peserta lainnya dari berbagai negara dengan fun. "Pokoknya, fun saja saat mengikuti seleksi," tegas Ari lagi.

Pras pun memahami betul wejangan yang diberikan Ketua Umum PP IMI itu. Pembalap kelahiran 14 Februari 1996 itu pun merasa termotivasi untuk memberikan yang terbaik.

"Saya akan berusaha memberikan yang terbaik dan menjadi pembalap Indonesia pertama yang tampil di tampil di ajang Red Bull MotoGP Rookies Cup," ungkap Pras.

Keberangkatan Pras dan Imanuel ke Spanyol ini mendapat dukungan penuh dari PP IMI. Terutama dalam memfasilitasi ke Federasi Balap Motor Internasional (FIM) dan Dorna, promotor MotoGP, plus memberikan jaminan untuk mendapatkan visa.

"Saya mengucapkan terima kasih pada PP IMI atas dukungannya sehingga keberangkatan anak saya ke Spanyol tak menemui hambatan," ujar Sugianto. tim

0 komentar:

Posting Komentar

Gaspoll Komentarmu...!!!

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India